Jumat, 14 Agustus 2015

ETIKA vs ETIKET

Assalamualaikum wr wr
Terimakasih ya... udah berkunjung lg di blog aku bagi yg udah mgebaca blog aku sebelumnya. Bagi yg baru berkunjung aku ucapin selamat datang aja deh :’)
Di episode ini aku mau berbagi pengetahuan mengenai
v Teori dan Konsep Etika II
v Perbedaan Etika dan Etiket
v Pengertian Nilai
v Pengertian Norma
v Etika Profesi
q Pengertian Profesi dan Etika Profesi
q Urgensi Etika Profesi
q Prinsip-prinsip Etika Profesi

v Perbedaan Etika dan Etiket

ð Etika merupakan sistim  nilai  dan  norma  moral  yang  menjadi  pegangan  bagi  seseorang  atau suatu kelompok  dalam  mengatur  tingkah  lakunya.  Contoh : etika  orang  Jawa,  etika Sunda,  etika  Minang dan  sebagainya,.  Sistem  nilai   ini   bisa berfungsi   dalam  hidup  manusia perorangan  maupun  pada taraf sosial. Akhirnya menjadi satu kesatuan yang disebut kode etik.
ð Etiket adalah tata aturan sopan santun yang disetujui oleh masyarakat tertentu dan menjadi norma serta panutan dalam bertingkah laku sebagai anggota masyarakat yang baik dan menyenangkan
Jadiiiiii.......
a.        Etiket menyangkut cara (tata acara) suatu perbuatan harus dilakukan manusia. Misal : Ketika saya menyerahkan sesuatu kepada orang lain, saya harus menyerahkannya dengan menggunakan tangan kanan. Jika saya menyerahkannya dengan tangan kiri, maka saya dianggap melanggar etiket. Etika menyangkut cara dilakukannya suatu perbuatan sekaligus memberi norma dari perbuatan itu sendiri

b.        Etiket hanya berlaku dalam situasi dimana kita tidak seorang diri (ada orang lain di sekitar kita). Bila tidak ada orang lain di sekitar kita atau tidak ada saksi mata, maka etiket tidak berlaku. Misal : disaat makan bersama lalu meletakkan kaki di atas meja makan, maka dianggap melanggat etiket. Tetapi kalau sedang makan sendirian (tidak ada orang lain), tidak melanggar etiket. Tapi melanggar Etika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar