Jumat, 14 Agustus 2015

ALASAN INGIN MENJADI PNS ( Idealisme itu harus ada :') )



Assalamualaykum wr. Wb.
Haiii apa kabar pengunjung setia blogger saya :’) semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik semua yaa Amiiinnn.
Nih kali ini aku mau ngasih sharing mengenai Profesi PNS yaa... pasti kalian semua udah tau donk kenapa sih banyak orang ingin menjadi PNS. Apa karena PNS itu dapat tunjangan yang gede, digaji tiap bulan, kerjanya gak terlalu berat, trus dapat uang pensiun pula.. apakah cuman itu alasannya? Apakah hanya sebatas penilaian materi doang???? Yah kalo alesannya Cuma gitu ajamah itu namanya MATRE.... #NOO
Kita adalah warga negara indonesia, sudah menjadi kewajiban kita untuk ikut berpartisipasi aktif dalam membangun negara ini bukan? Pasti kalau sudah membicarakan mengenai ingin menjadi warga yang baik, ikut membangun negara, dan bla bla ba...  pasti banyak kalian berpikir terlalu idealis kan... iya emang seharusnya gituu kita harus memegang teguh idealisme kita.  Apasih idealisme itu? Idealisme  “ Bisa diartikan mengutamakan ide/gagasan/pikiran tertentu yg dia anut. Org yg idealis, akan berusaha melaksanakan kehidupannya sesuai ide tersebut. Dan ngga peduli dengan penilaian orang, yang penting dia bisa melakukan seperti apa yang dia inginkan”. Ya seperti itulah kira-kira orang idealis. Just do it whatever  everyone talk about.
PNS bukanlah profesi untuk memperkaya dalam sekejap. PNS ialah salah satu profesi yang dapat menjadi wadah kita dalam mengabdi pada negara. Kita menjadi PNS digaji dengan uang rakyat seharusnya kita menjaga amanah mereka dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka. Kembali lagi pada tanggung jawab institusinya yang begitu besar, maka seorang PNS yang menghayati tugasnya akan bekerja dengan sangat keras dalam arti yang sesungguhnya. Ia harus mengisi pikirannya dengan pengetahuan agar ia bisa membuat program yang tidak copy paste, tapi mengena. Ia berusaha membuat kegiatan yang bersifat terobosan dan bukannya memilih tidak bertindak dalam situasi genting dalam alasan “tidak sesuai prosedur yang berlaku”. Mereka akan menyusun target ideal baik secara personal maupun kelompok, meskipun kadang institusi tidak mewajibkan hal tersebut.
Kalaupun dalam menjalankan program pembangunan instituasi pemerintahan melibatkan rekanan tentu fokusnya adalah pada masyarakat, bukan kepada bang-saku ( bukan bangsaku). Sehingga tidak ada lagi pembatas jalan yang rusak belum 1 tahun sehingga wajar harus diperbaiki setiap tahun. Tidak ada jalan yang rusak, sehingga pemerintah harus mengeluarkan dana pelicinan jalan setiap tahun. Tidak ada bantuan bagi petani yang menguap. Di mana semuanya itu menciptakan pemborosan uang negara.
Ketika seorang pejabat dan PNS mengetahui fungsinya, mereka tidak akan keder menghadapi seorang pemilik perusahaan, orang asing, hanya karena mereka lebih kaya. Ia akan tegas terhadap siapa pun yang melanggar aturan. Sehingga tidak ada cerita seorang menteri dihina dina dan dicaci-maki oleh seorang artis papan atas Hollywood dan merespon dengan senyuman keki. Karena sebagai wakil dari sebuah institusi tugas mereka adalah membina seluruh stakeholder termasuk juga perusahaan dan orang asing yang beroperasi di Indonesia. Namun untuk bisa membina tentu pikiran para aparat harus berisi pengetahuan.
Ketika seorang PNS, baik itu staf maupun pejabat memiliki pengetahuan, wawasan, visi dan idealisme maka seluruh perangkat yang membuat pekerjaannya menjadi sangat mudah akan memberikan efek yang luar biasa. Salah satunya adalah kesejahteraan masyarakat.
Mengingat tanggung jawab dan fungsi PNS begitu besar seperti yang saya uraikan di atas inilah yang menjadi alasan saya ingin menjadi PNS. Yaa saya ingin menjadi warga yang erguna untuk negara ini, saya akan menjaga amanah dari rakyat dan negra yang telah diberikan untuk saya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar